Kamis, 17 November 2016

CARA BACK UP PMP

Cara Backup dan Restore Data PMP
Salam Satu Data. Sahabat Operator Dapodik, pengisian data instrumen Aplikasi Penjaminan Mutu (PMP) yang sangat banyak terkadang membuat pihak yang menginput terutama para operator harus mempunyai kesabaran ekstra tinggi.

Bagaimana tidak, untuk proses input data instrumen PMP untuk satu PTK saja harus menyelesaikan 500 kuesioner lebih. Itu baru satu PTK, belum PTK lain lagi. Belum data peserta didik, sekolah, komite, dan pengawas.

Tak bisa dibayangkan bukan, betapa sangat lama dan harus bersabar untuk menyelesaikan semua instrumen kuesioner PMP di sebuah sekolah. Tentu ketika pekerjaan tersebut selesai, pasti anda khususnya operator sekolah akan merasa lega selega-leganya.

Namun bagaimana jika setelah menyelesaikan semua proses input data PMP, tiba-tiba karena sebab tertentu laptop anda rusak dan harus instal ulang, padahal anda belum melakukan verifikasi dan pengiriman data PMP?

Tentu ini menjadi musibah tersendiri bagi para operator. Sebab jika di instal ulang, data di PMP akan hilang semua kendati sudah anda simpan. Nah, jika ini terjadi anda harus rela lembur hingga larut malam lagi untuk mengulang kembali proses entri data PMP dari awal.

Lantas, bisa tidak melakukan backup data PMP? Perlu anda ketahui, Aplikasi PMP hampir mirip dengan Dapodik. Aplikasi ini dirancang sedemikian rupa guna mempermudah pengguna, termasuk adanya menu Backup dan Restore Data PMP.

Menu tersebut  dibuat untuk mengantisipasi terhapusnya data PMP yang sudah diinput. Sehingga operator tak perlu repot-repot mengulangi proses input data PMP yang melelahkan itu. Berikut ini Cara Backup dan Restore Data PMP:





1. Pastikan komputer/laptop anda terkoneksi dengan internet

2. Tekan menu Verifikasi & Kirim Data (Kotak Hijau)

3. Tekan Backup Data (Kotak Merah), kemudian data anda akan otomatis di download (Kotak Hitam)

4. Jika ingin melakukan Restore Data, silahkan ulangi langkah nomor 1 dan 2 kemudian pilih Restor Data (Kotak Biru).

5. Kemudian anda akan diminta memasukkan file download hasil backup data PMP anda. Masukkan data tersebut dan klik OK

Catatan!!! Setiap selesai melakukan input data PMP sebaikanya anda melakukan Backup Data. Sehingga data PMP anda akan selalu terjaga.

Demikian Cara Backup dan Restore Data PMP. Semoga dapat bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar